18 Agu 2009

City Tour

City tour? yang kebayang jalan-jalan ke semua obyek wisata lokal Jakarta, yang gak kebayang macetnya… Jadi, kita memutuskan hanya mengunjungi “sebagian” saja obyek yang kira-kira belum pernah dikunjungi.

– Taman Fatahillah –
Dari dulu sudah punya pikiran ngunjungin museum yang satu ini, baru sekarang terlaksana . Mulai berangkat dari cekpoin jam 9-an. jalanan lumayan lancar, sampe sana udah panas. Tapi semangat gak luntur meskipun matahari menyengat, bahkan salah satu “tour-mate” perutnya agak bermasalah tapi tur tetep lanjuuuutt.



Taman fatahillah seperti oase di padang pasir bagi sejarah kota Jakarta, bagaimana Jakarta tempo dulu tidak banyak tergambarkan dalam gemerlap pembangunan Jakarta saat ini (dimana-mana Mall..). Plasa di depan bangunan utama nampak megah, lantai batunya mantap banget. Sayang hari itu, lagi ada acara “tujuh belasan” jadi Plaza-nya ramai sama orang dagangan dan panggung. Team gak lama-lama di Plaza, langsung check-in ke museum kota Jakarta. Dasar peserta tur-nya pada narsis, gak konsen sama isi museum. Lihat barang display bentar, trus foto-foto deh. Hehehe. Padahal berfoto di ruang pamer khan gak boleh.
Bangunan bikinan “Penjajah” ini emang hebat, sampe sekarang masih tegap berdiri. Bahkan nampaknya lantai kayunya-pun masih asli. HEBAT! Furniture, teralis, daun jendela, pintu luar bisaa kayaknya juga masih aslinya. Didalam museum banyak banget pengunjung, pada masih pake seragam. Ada juga sih bule, satu-dua. Tapi banyakan fotografer dadakan (modal henpon) dan fotomodel dadakan juga (modal mringis), termasuk saya (agak lumayan modal DSLR kreditan hehehe. Sombong..) dan peserta tur yang sadar kamera (kayaknya dulu cita-citanya jadi mode atau cover girl, liat kamera langsung action!).
Udah puas ceprat-cepret dalam museum, keluarlah kami buat berfoto di halaman belakang. Lumayan juga, halaman belakang museum ini asri. Betah juga lama-lama ngobrol di bawah pohon, sambil ngeliat calon pengantin lagi foto “pre-wed”. hehehe. Oalah, ternyata banyak juga yang memanfaatkan lokasi ini buat mengabadikan kebahagiaan pra-pernikahan. Setiap sudut taman Fatahillah memang romantic, dari jalan masuk parkir sampe halaman belakang.
–Most Wanted, WC UMUM!–
Capek duduk, kami lanjut ke museum Keramik. Dasar Tour Team-nya amatiran dan narsis, kami Cuma numpang foto di antara pilar-pilar gedung gak masuk museum sama sekali. Hasilnya? Top Markotop. Bagus juga buat latihan fotografi, apalagi buat pemula (kayak saya). Selesai berfoto, kami melanjutkan perjalanan ke “Check Point” berikutnya yaitu…. “WC UMUM” Hahaha. Bener2 Tour amatiran, tanpa perencanaan yang matang sama sekali, apalagi kondisi kesehatan salah satu peserta tur agak mengkhawatirkan. Perutnya “slemet-slemet” jadi biar aman nyari WC dulu. Abis itu, liat-liat stand dan brosur wisata ke Pulau On Rust, wahhhh… kapan ya?
–MASJID ISTIQLAL–
Setelah kebingungan cari obyek berikutnya, kami memutuskan untuk mampir ke Masjid Istiqlal. Yap, masjid Istiqlal, sambil sholat dan ngadem dan nyari WC lagi… Tapi sebelumnya, makan siang dulu. Apa ya nama restorannya? Pokoknya masakan melayu di daerah Harmoni. Pelayan-nya banyak dan “pilihan” kayaknya (maksud saya dipilih yang agak kinclong hehehe), tapi pelayanan dan masakannya kurang memuaskan.
Pergi ke Istiqlal yang megah dan SEJUK, sampe banyak orang yang tidur-tiduran dan tidur beneran di serambi masjid. Suasananya memang menentramkan, angin sepoi-sepoinya gak ada matinya. Padahal di luar panasnya bukan main. Saya nyempetin liat-liat ke sayap masjid, bersih! Ini senengnya pergi ke masjid “besar”. Kebersihannya terjaga sekali, tapi sayang tempat wudlu dan toiletnya kurang bagus buat ukuran Istiqlal. Oke, udah selesai (ngademnya) lanjut ke tujuan berikutnya: Taman Suropati!.
–Taman Suropati?–
Mungkin buat turis luar Jakarta, taman suropati kurang familier (buat kita juga siii). Terbukti, penunjuk jalannya juga kurang apal daerah sini, muter-muter dan ngelanggar rambu dua kali hehehe (maaf ya neng..). Taman Ini perlu dikunjungi supaya kami bisa ngadem dengan nyaman dan tenang dan Gratis. Saya pernah sekali lewat Taman Suropati, pagi-pagi banyak yang bersepeda atau olahraga di taman ini. Dan yang berolahraga di taman ini adalah warga menteng yang notabene “Beverly hills”-nya Indonesia. Jadi tur ke taman ini, seperti meraih mimpi yang belum terbeli. Belum bisa punya rumah di Menteng, ya nongkrong dulu di tamannya. Hehehe. Lumayan juga, banyak yang duduk-duduk sambil makan atau minum. Kami juga tidak melewatkan momen makan jajanan rakyat, 3M (murah meriah mencret…). Baru disitu saya tau yang namanya Tahu Gejrot, kirain kayak apa gitu? Namanya aja yang sangar bentuknya imut, tahu dipotong-potong disajikan dalam pirim tembikar kecil trus di siram bumbu bawang, cabe, gula dan asam jawa (trus darimana asal kata “gejrot”-nya? Tokh gak ada yang di-gejrot? Heran!). Dan masalah muncul lagi ketika kami menentukan tujuan berikutnya, WC muncul lagi dalam “top priority” salah satu peserta. Dan demi keamanan kami, akhirnya diputuskan untuk mengakhiri saja City Tour ini.
–Selanjutnya?–
Well, bagaimanapun juga tur ini sangat menghibur bagi saya dan bagi peserta tur yang lain (mungkin). Lain kali perlu direncanakan lebih matang lagi biar lebih mantap dan berkesan, ada saran?..

1 komentar:

Yusie mengatakan...

ehm.. blog baru nya mufti niy..
konsep nya asik, dari hasil kencan jalan2 n jeprat jepret trus dimasukin ke blog. Yang baca jadi ikutan jalan2 juga..hehehe..
sayang, fotonya kurang banyak.. dari taman suropati sampe tempat makan yang kurang memuaskan.. biar qta yg blm pernah ksana jadi punya bayangan..
Gaya nulisnya khas mufti, walo yang ini sedikit (sedikit lho muf) serius.. (lek kakehan mbanyol malih gak mari2 nulise yo muf..)
ok deh mufti.. semoga semakin sering kencan jalan2 nya, biar blognya bisa update terus yaa...

Posting Komentar